Jumat, 02 Januari 2009

Insiden Pelemparan Sepatu ke Bush

Insiden pelemparan sepatu oleh salah seorang wartawan televisi Irak ke Presiden AS, George W Bush dalam jumpa pers di Baghdad Minggu (14/12) sangat mengejutkan dunia dan menjadi pembicaraan di media cetak maupun media elektronik,sang wartawan TV itu, Muntadhar al-zaidi masih ditahan di Kantor PM Irak dengan tuduhan “aksibarbar”. Aksi yang dilakukan Muntadhar telah mengobati hati rakyat Irak yang terluka.
Presiden AS George Bush benar-benar apes saat menggelar jumpa pers bersama Perdana Menteri (PM) Irak Nuri Al Maliki, dia dilempari sepatu oleh wartawan itu,Bush dilempari hanya satu detik setelah mengucapkan “khairan katsiera” yang berarti terima kasih. Kasus pelemparan sepatu ini terjadi dua kali, “ini dari para janda, anak yatim dan orang-orang yang tewas di Irak”, ujar Muntahar saat melempar sepatu ke arah Bush.
Reaksi Rakyat Irak sebenarnya beragam,ada yang mengutuk,namun banyak yang mendukung, sementara pemerintah Irak mengutuk aksi itu dan menuntut permintaan maaf dari stasiun televise Al-Baghdadia, tempat Muntadhar bekerja, karena itu bisa memperburuk reputasi wartawan Irak,apabila kita lihat dari sudut pandang etis, ini merupakan perbuataan yang sangat tidak terpuji, apalagi pelemparan ini dilakukan dengan sengaja, namun disisi lain kasus pelemparan sepatu ini sangatlah wajar bagi Rakyat Irak.
Mengingat Negara adi kuasa telah menimbulkan berbagai masalah di belahan dunia, dan telah menelan korban, apalagi alasan Negara adi kuasa menyerang Irak adalah mencari Bom Nuklir yang di sembunyikan selama ini,namun saya bangga dengan Muntadhar,dia telah membalas rasa sakit hati rakyat Irak, walaupun tindakan yang dilakukan nya konyol, namun Rakyat Irak pasti puas dengan apa yang dilakukan Muntadhar,semoga para generasi selanjutnya menjadi orang-orang yang pemberani seperti apa yang di lakukan Muntadhar.

Tidak ada komentar: